Tips Mudah Mengurus Akta Jual beli

Ketika memutuskan untuk membeli rumah, tentunya ada banyak hal yang harus Anda perhatikan. Salah satunya mengetahui dengan jelas proses legalitasnya. Salah satu dokumen yang wajib Anda ketahui dengan jelas ketika membeli rumah adalah Akta Jual Beli (AJB).

Akta Jual Beli (AJB) adalah salah satu dokumen bukti bahwa transaksi jual beli telah terjadi antara pihak penjual kepada pihak pembeli. Biasanya dokumen AJB dibuat oleh Notaris Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) dan pembuatannya harus bersifat jelas serta transaksi jual beli rumah tersebut sudah dibayar lunas.

Apakah Anda sudah betul-betul memahami proses pembuatan dokumen AJB dan berapa biayanya? Berikut ini bebrapa tips mengurus AJB,

Persyaratan pembuatan AJB

Sebelum Anda mengurus pembuatan dokumen AJB, Salah satu tips mengurus AJB adalah Anda perlu mempersiapkan beberapa dokumen berikut ini:

  1. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) pihak pembeli & penjual.
  2. Fotokopi Kartu Keluarga (KK) pihak pembeli & penjual.
  3. Fotokopi Buku Nikah (jika Anda sudah menikah) pihak pembeli & penjual.
  4. Fotokopi NPWP pihak pembeli & penjual.
  5. Sertifikat tanah.
  6. Validasi pajak pembeli (BPHTB)
  7. Validasi pajak penjual (PPh)
  8. PBB tahun terakhir.

Proses Pembuatan AJB

  1. Datanglah ke kantor Notaris Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) di wilayah dimana Anda membeli rumah atau properti berada. Setelah itu Anda bisa menyerahkan dokumen yang telah dipersiapkan seperti dokumen diatas.
  2. Setelah Anda menyerahkan dokumen tersebut, maka pihak Notaris PPAT akan memeriksa keaslian dari sertifikat tanah. Pihak PPAT biasanya membutuhkan beberapa hari untuk memeriksa keaslian dari sertifikat tersebut di Badan Pertanahan Nasional (BPN). Hal ini dikarenakan pihak Notaris PPAT akan memastikan kembali bahwa properti yang Anda beli tidak dalam urusan sengketa ataupun tidak sedang dijaminkan pada pihak lain.
  3. Kemudian setelah proses pengecekan dokumen, Anda akan melakukan penandatanganan. Proses penandatanganan AJB ini akan dilakukan di kantor Notaris PPAT dan akan dihadiri oleh pihak pembeli dan penjual. Jika AJB telah ditandatangani, maka Anda secara resmi telah memiliki AJB.

Biaya pembuatan AJB

Untuk biaya AJB sendiri biasanya akan dikenakan 1% dari total kesuluruhan transaksi jual beli rumah. Biaya ini ditanggung 50% pihak pembeli dan 50% pihak penjual atau tergantung dari kesepakatan.

Hanya Perumahan Karya Citra Kedaton, Setiap Proses Legalitas Rumah Menjadi Lebih Mudah, Aman dan Terjamin

Sebagai pengembang yang sudah menjadi anggota Asosiasi Real Estate Indonesia (REI) sejak 2006, maka legalitas di setiap perumahan karya Citra Kedaton tidak perlu dipertanyakan lagi. Semua proyek sebelumnya terbukti sukses tanpa kendala berarti.

Tidak hanya pengurusan AJB (Akta Jual Beli) saja yang akan Anda dapatkan, Anda juga akan dibantu pengurusan Sertifikat sampai SHM (Sertifikat Hak Milik). Hal ini artinya, sebagai konsumen Anda berhak dan memiliki kuasa penuh atas lahan dan bangunan yang Anda beli.

Citra Kedaton merupakan salah satu developer terkemuka di Kota Yogyakarta. Jadi, kami tidak segan untuk menunjukkan legalitas perusahaan dan izin lahan yang tengah kami kembangkan kepada Anda sebagai konsumen kami. Segeralah menjadi bagian dari Citra Kedaton dengan memiliki salah satu karya terbaik kami. Ada lebih dari satu perumahan terkemuka yang dibangun dan dikembangkan oleh Citra Kedaton. Hanya di Citra Kedaton Anda bisa mewujudkan rumah impian keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *