Tips Agar Tubuh Tetap Bugar saat Puasa

Menjaga tubuh tetap bugar dan terhidrasi dengan baik merupakan tantangan yang dihadapi selama menjalankan puasa. Pasalnya selama lebih dari 12 jam, umat Islam diwajibkan untuk menahan rasa lapar dan dahaga yang menyerang.

Sebenarnya, untuk dapat menjalani ibadah puasa dengan lancar dan tubuh dapat selalu dalam kondisi bugar, terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan.

Menurut Ahli Gizi dari UGM, Dr. Susetyowati, DCN.,M.Kes., terdapat beberapa tips yang bisa dilakukan salah satunya yakni dengan menjaga asupan makanan sehat saat berbuka dan sahur.

Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan agar tubuh tetap bugar saat berpuasa:

Sahur

Pertama-tama, hal ini diawalai dari saat awal berpuasa yakni pada saat sahur. Pada saat sahur disarankan untuk makan sebanyak 40% dari kebutuhan makan sehari.

Pola makan saat sahur terdiri dari karbohidrat, protein, sayur, dan buah. Namun begitu, saat sahur disarankan untuk makan sumber karbohidrat kompleks atau tinggi serat agar dapat menahan kenyang dalam jangka waktu yang lebih lama.

Bukan hanya itu saja, saat sahur, diharapkan untuk tidak mengkonsumsi makanan rendah serat seperti mie instan. Pasalnya mie instan mudah tercerna tubuh, sehingga akan lebih cepat merasa lapar.

Pada saat sahur, sebaiknya dihindari pula memakan makanan yang terlalu asin. Makanan yang terlalu asin ini akan menimbulkan rasa haus yang dapat mengganggu kelancaran puasa.

Buka Puasa

Saat berbuka dianjurkan untuk makan sebanyak 50% dari kebutuhan makan selama sehari. Hal ini bisa dimulai dengan minuman yang manis untuk meningkatkan kadar gula darah dengan segera setelah 13-14 jam berpuasa.

Sementara itu, untuk menjaga kesehatan tubuh terutama lambung, saat berbuka disarankan untuk menghindari makanan berlemak tinggi misalnya gorengan. Bukan hanya itu saja, berbanding terbalik dengan saat sahur, sebaiknya saat berbuka hindari makanan tinggi serat, terlalu pedas ataupun asam. Makanan-makanan tersebut dapat menimbulkan gangguan lambung karena sebelumnya kondisi perut dalam keadaan kosong.

Adapun komposisi makanan yang disarankan yakni makan besar dan lengkap dengan komposisi 1/2 piring terdiri sayuran dan buah, serta 1/2 piring lainnya sumber karbohidrat dan lauk pauk. Lalu, setelah salat tarawih dihimbau untuk kembali makan sebanyak 10% dari kebutuhan makan sehari.

Konsumsi Air Putih

Menjaga pola hidrasi juga penting dilakukan saat berpuasa agar tubuh tidak kekurangan cairan. Salah satunya dapat dilakukan dengan minum air putih minimal 8 gelas sehari.

Pola minum saat puasa bisa diatur dengan skema meminum 2 gelas air putih saat buka, 4 gelas di malam hari, dan 2 gelas saat sahur.

Selain minum air putih, mengonsumsi makanan yang kaya akan mineral juga dapat membantu menjaga dan mengembalikan cairan dalam tubuh. Makanan seperti kurma, semangka, dan buah-buahan lainnya akan membantu tubuh tetap terhidrasi.

Sementara itu, juga dianjurkan untuk mengurangi mandi dengan air hangat. Sebab, suhu panas akan meningkatkan pengeluaran cairan tubuh.

Hindari Minuman Berkafein dan Sejenisnya

Pada saat berpuasa, minuman berkafein, soda, teh, kopi sebaiknya dihindari, hal ini karena minuman tersebut sifatnya diuretik yang dapat meningkatkan produksi urine sehingga menaikkan frekuensi buang air kecil. *

Baca Juga: Cara Menghilangkan Lumut dari Dinding Rumah

Baca Juga: 5 Tips Lakukan Perawatan Rumah di Musim Hujan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *