Banyak orang yang bermimpi untuk memiliki rumah sendiri. Apalagi bagi pasangan muda, biasanya mempunyai rumah adalah goal dalam hidup yang harus dicapai.

Nah, untuk membantu kamu dalam menimbang rencana untuk memiliki sebuah rumah. Lebih baik simak dulu yuk beberapa poin penting ini. Mulai dari keuntungan membeli rumah dan membangunnya, hingga kekurangan dari masing-masing pelihan tersebut.

Keuntungan Beli Rumah

Lebih Hemat Biaya

Rumah yang diperoleh dengan cara membeli tentu saja dapat membantu untuk menekan biaya. Karena tidak perlu mendirikannya sendiri. Kamu bisa langsung menempatinya dengan berbagai macam model yang umum atau bahkan custom.

Selain itu, Kamu juga akan terhindar dari tertundanya memiliki rumah jika di tengah jalan budget Kamu tiba-tiba menipis sehingga tidak dapat menyelesaikan pembangunannya.

Jika Kamu adalah keluarga baru yang ingin lebih cepat mandiri secara finansial. Maka membeli rumahdirekomendasikan buat kamu. Dengan begitu, Kamu bisa lebih cepat berinvestasi ke hal-hal lainnya.

Dapat Fasilitas ekstra dari Developer

Jika kamu membeli rumah jadi dari developer biasanya ada keunggulan lain yang ditawarkan. Karena membeli rumah dari developer bukan hanya sekedar membeli rumah namun juga memiliki hak untuk menggunakannya seperti jalan yang lebar, fasilitas kolam renang, Playground, ataupun fasilitas yang lainnya. Namun perlu digaris bawahi tidak semua developer menyediakan fasilitas tersebut. Setidaknya jika kamu membeli rumah pada developer lingkungan tertata rapi dan akses jalan yang mudah memudahkan kita dalam mobilitas. Berbeda dengan membeli tanah sendiri pasti harus memperhatikan beberapa aspek seperti jalan, lingkungan sekitar, dan sebagainya. Oleh sebab itu penting kiranya melihat riwayat developer apakah bagus atau tidak bagi kamu yang hendak membeli rumah pada developer.

Praktis

Setelah Kamu membayar rumah tersebut, baik tunai ataupun mencicil, Kamu bisa langsung menempati rumah tersebut.

Bagi orang yang sibuk atau berada dalam suatu kondisi yang harus segera menghuni di suatu rumah, maka membeli rumah tentu bisa jadi pilihan yang tepat. Hal ini lebih praktis daripada menyewa rumah atau mengontrak selama pembangunan.

Jadi, tidak perlu lagi ada biaya tambahan karena semuanya sudah terpusat ke satu kebutuhan.

Ada Tabungan untuk Renovasi

Ketika Kamu membeli rumah jadi, maka Kamu tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk pembangunan. Nah, biaya tersebut bisa Kamu simpan untuk tabungan renovasi rumah Kamu nantinya.

Setelah bertahun-tahun ditempati, sebuah rumah pasti membutuhkan perawatan atau penggantian beberapa bagian agar tetap nyaman saat ditempati. Untuk memudahkan Kamu maka pakailah tabungan tersebut agar rumah Kamu bisa direnovasi atau bahkan di-upgrade menjadi lebih bagus dari sebelumnya.

Kekurangan Beli Rumah

Setiap keputusan pasti ada kekurangannya, sama seperti beli rumah jadi. Beberapa kekurangan yang sering ditemui dalam kasus membeli rumah sendiri adalah harganya yang bisa lebih mahal jika Kamu membelinya dari developer, karena mereka mengambil keuntungan yang cukup untuk menutup bunga pinjaman pada bank.

Kemudian, kekurangan lainnya adalah adanya kemungkinan ditemukan kualitas bangunan yang kurang baik karena bukan Kamu sendiri yang merencanakannya. Selain itu, luas lahan yang relatif terbatas juga menjadi masalah ketika Kamu ingin mengembangkan rumah di kemudian hari.

Keuntungan Bangun Rumah

Selain membeli rumah jadi, ada sebagian orang juga yang menyukai membangun rumahnya sendiri. Biasanya keputusan ini disenangi oleh orang-orang yang mempunyai pkamungan detail tentang seperti apa rumah impian orang tersebut.

Berikut adalah keuntungan jika Kamu lebih memilih untuk membangun rumah.

Bisa Desain Rumah Sesuka Hati

Kamu sebagai pemilik rumah berhak untuk membuat desain dan mengaplikasikannya pada rumah Kamu sesuka hati tergantung keinginan.

Saat ini sudah banyak orang yang membuat rumah sesuai keinginan dan kebutuhannya. SepeRti apa saja ruangan yang dibutuhkan, tata letak ruang atau barangnya, serta hal-hal lain yang bisa diatur sendiri atau dengan diskusi bersama tim.

Pembangunan Menyesuaikan Budget

Berbeda dengan rumah jadi yang membuat Kamu harus memiliki budget pasti dengan bangunan yang seragam, pembangunan rumah bisa menyesuaikan budget Kamu.

Rumah minimalis atau mewah, semua tergantung dari adanya dana Kamu. Tapi Kamu tidak perlu khawatir, jika dana Kamu belum cukup untuk membuat yang sesuai dengan keinginan, Kamu tinggal meng-upgrade-nya sedikit demi sedikit hingga pada akhirnya rumah impian Kamu bisa terwujud.

Pembangunan rumah seperti ini sangat cocok untuk Kamu yang berwirausaha karena memiliki pendapatan yang tidak menentu.

Harga Tanah Lebih Murah dari Rumah Jadi

Harga tanah bisa dikatakan lebih murah dibandingkan dengan membeli rumah jadi. Jika budget Kamu belum cukup untuk membangun, Kamu bisa membeli tanahnya terlebih dahulu.

Keputusan membangun rumah ini cocok untuk Kamu yang memang tidak terburu-buru untuk menempati suatu rumah.

Kekurangan Bangun Rumah

Sama seperti membeli rumah jadi, membangun rumah pun jelas memiliki kekurangannya. Pertama, Kamu harus meluangkan waktu untuk mengurus pembelian tanah yang kadang tidak mudah.

Selain itu, Kamu juga harus memastikan aspek legalitas yang tidak mudah. Selanjutnya, ketika tanah sudah didapatkan, Kamu harus meluangkan waktu dan pikiran untuk mengawasi tahap pembangunan dan mencari kontraktor.

Beli rumah atau bangun rumah sebenarnya sama-sama memiliki keuntungan dan kekurangannya masing-masing. Beberapa poin di atas bisa Kamu jadikan pertimbangan untuk mendapatkan hunian impian.

Jika Kamu adalah seseorang yang anti-ribet, maka membeli rumah bisa menjadi solusi yang tepat bagi Kamu. Tapi, jika Kamu adalah orang yang penuh kreativitas dan menyukai sebuah proses, maka membangun rumah adalah pilihan yang terbaik.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *